Selasa, 12 Oktober 2010

SAYA MENDENGAR ORANG-ORANG BERNYANYI

 
Saya mendengar orang-orang bernyanyi
Bercelana pendek, cuek, Harry rusli namanya
Kakeknya dulu membedah hewan dengan pisau operasi
Cucu menjahit sakit politik dengan senar gitarnya

Saya mendengar orang-orang bernyanyi
Iwan Fals tanpa kejemuan mengabarkan kenyataan
Dia lantang bernyanyi menjadi saksi
Karena orang-orang harus dibangunkan

Gitar dipetik Ully, Chrisye, Leo dan Franky
Tercium aroma hutan rimba, air terjun pegunungan
Terdengar shalawat putih yang ikhlas bersahaja
Berkibar bendera kita langit biru di belakangnya
Dan perahu retak bagaimana cara mengayuhnya

Saya mendengar orang-orang bernyanyi
Sam Bimbo bersaudara seperti tak bosan-bosan
Mengukur jarak jauh dan dekat dengan Tuhan
Diiringi senandung lin merdu sekali

Saya mendengar orang-orang bernyanyi
Ebiet penyair biduan di Yogya dulu sekolahnya
Dia mengejar kita bahasa tumbuh-tumbuhan
Saya pun bicara dengan rumput yang bergoyang.

1998 ( MALU AKU JADI ORANG INDONESIA hal 34) Taufik Ismail

0 komentar:

Posting Komentar