Rabu, 06 Oktober 2010

Mang Kosim




      Mungkin itu sebutan yang cocok untuk dia, tapi sebenarnya nama kecilnya Jasim. ( kenapa jasim ya ga ada nama lain apa.hehehehe) Pertama kali ku kenal dia ketika vespa ku si kuning tiba di jakarta. Pokoknya kesan pertama bertemu dia sangat menarik, mulai dari logat sundanya, sopan santun ketika berbicara, dan orangnya welcome sama siapa aja, gak bakal rugi kenalan sama dia. Pertama kali aku tahu Mang Kosim itu dari lucky. Wah dia mah udah kayak Juragan Vespa tahu seluk beluk sampe tetek bengeknya.heehehe. saya  pertama kali kenal Vespa ya gara-gara dia. 
         ( Kembali ke mang kosim ) dia asli orang pamanukan, Jawa Barat.  kehidupanya waktu kecil dipamunakan itu susah-susah seneng. mang kosim sekolah di pamunakan sampe kelas 6 sd terus ikut kakanya merantau dijakarta, katanya si mamang sih, dia ga betah tinggal di kampung gitu-gitu aja kapan mau majunya ???hehehe. dijakarta dari tahun 1978 (kalo ga salah), waktu itu dia coba ngelamar-lamar dimana-mana tapi hasilnya same aje (nihil) gak dapet apa-apa cuman keluar keringat doang. Alhamdullilah sekitar tahun 1982 dia diterima kerja di bengkel Vespa di jakarta pusat ( tanah sereal mungkin). wah...cuman kelas 6 sd tapi bisa kerja dibengkel bisa bayangin ga ? bukan main emang kalo kita yakin bisa pasti ga susah buat ngelakuinya ( salut buat mang kosim). kalo abis dari bengkel dia ga langsung pulang, biasanya dia mampir dulu ke rumah duka buat ngejagain mayat orang cina ( tahu kan kalo mayat orang cina kalo ada yang ngejain semalam suntuk nanti yang jaga dikasih uang) kerjaan sambilan itu terus dia lakoni buat menuhin kebutuhan hidupnya sehari-hari. Dan Alhamdullilah kehidupan dia yang sekarang gak sepahit kehidupanya yang dulu ia jalani. sekarang mamang udah di karuniai 2 orang anak. Anak pertama namanya deny kelas 2 STM dan adenya Wildan kelas 5 SD. 

     banyak makana hidup yang saya pelajari dari dirinya. ada satu pesan yang ku ingat darinya " Dam ngedandanin Vespa mah mesti sabar, kan kita ga tahu watak orang kayak apa ? ada yang jutek, ramah, ngedumel mulu, komentar terus. Yang penting kita jangan sampe nyinggung perasaan dia, karena penilaian orang kepada diri kita beda-beda dam"

Makasih mang kan ku rekam dirimu dalam ingatanku dan menjadi  teladan yang baik bagiku.

0 komentar:

Posting Komentar